Selasa, 22 Februari 2011

Memilih Stick Drum yang Baik


Setiap drummer tahu pentingnya memilih sebuah cymbal dan drum set, tapi bagaimana dengan memilih sepasang stik drum mereka ?


Para pemula dan kelas lanjutan sering kali tidak pernah memperhatikan pemilihan stik drum yang baik, itu bisa dimaklumi. Pemilihan stik drum sangat penting karena ini salah satu penentu gaya dan nuansa dari sebuah irama saat bermain. Sering kali seorang pemula memilih stik yang terlihat bagus, terasa ringan, dan harga murah. Itu adalah cara memilih srik drum yang salah.
Seorang drummer yang baik akan memilih stik drum yang tepat untuk setiap permainannya, oleh karena itu sebelum anda bermain drum sebaiknya persiapkan dan pilihlah stik yang cocok untuk musik yang akan dimainkan, karena itu akan menentukan gaya dan nuansa irama musik.

Jenis Kayu Stik Drum

Sebelum kita masuk ke ukuran, saya ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk memilih kayu terbaik untuk stik drum. Sering kali stik drum terbuat dari 3 jenis kayu utama yaitu kayu Oak, Maple, dan Hickory.
  • Kayu Oak, stik yang terbuat dari kayu oak biasanya terasa berat saat diayunkan dan mempunyai susunan serat yang sangat padat oleh karena itu memerlukan tenaga yang cukup bagi drummer - yang berarti Anda akan merasa setiap stroke di tangan Anda.
  • Kayu Maple, stik drum yang terbuat dari kayu maple terasa ringan bila diayunkan dan stik ini mempunyai fleksibilitas besar. Karena kayu maple mempunyai serat yang tidak padat maka seorang drummer tidak perlu mengeluarkan tenaga yang cukup banyak saat bermain.
  • Kayu Hickory, stik drum yang terbuat dari kayu hickory merupakan stik yang mempunyai berat medium dan paling umum digunakan. Stik bulat dengan kelenturan yang cukup dan seorang drummer tidak terlalu memerlukan tenaga yang banyak saat bermain.
Jadi saran saya sebelum bermain drum tentukanlah terlebih dahulu stik yang akan dipakai.

Memilih Stik

Ujung dari stik drum adalah berbeda-beda dan memilih ujung stik juga sangat penting bagi seorang drummer. Ada dua bentuk yang sangat mendasar dari ujung stik drum yaitu berujung kayu dan berujung nilon. Keduanya mempunyai penempatan yang berbeda, jadi perlu perhatikan dan aturannya.
  • Stik Ujung Nilon, sebaiknya stik nilon digunakan untuk permainan drum elektrik. Hal ini digunakan untuk melindungi V-drum kit (drum pet) dari serpihan dan goresan. Stik ini juga menghasilkan suara symbal yang nyaring.
  • Stik Ujung Kayu, stik berujung kayu lebih baik untuk musik rock atau sedikit keras. Pukulan keras dan menghasilkan suara cukup mantap (keras). Ada berbagai tips dan gaya yang bisa mendapat banyak pujian. Cara terbaik untuk memutuskan hal ini adalah dengan mencobanya sendiri, masing-masing drummer memiliki pendapat sendiri dalam hal ini.

Memilih Ukuran Stik

Setelah memilih kayu dan menentukan ujung stik, saat kita memilih ukuran dari stik drum. Ada tiga pilihan dasar ukuran stik.
  • Ukuran 7A, ukuran stik ini sedikit tipis dan kecil, bermain musik jazz dan musik yang lembut sangat disarankan menggunakan stik ini. Drummer jazz dan drummer pemula di sarankan untuk menggukana stik ini, karena ringan.
  • Ukuran 5A, ukuran stik ini yang paling umum dipakai drummer, bisa dipakai untuk jenis berbagai jenis aliran musik, dan mempunyai kekuatan yang solit. Terutama digunakan dalam musik rock.
  • Ukuran 2B/5B, stik ini terasa berat saat dianyunkan, terlihat lebih besar dibanding dengan stik 7A atau 5A dan lebih keras. Sekarang tergantung gaya Anda, kemungkinan ini bisa membuat penampilan bermain yang lebih baik. Pastikan gaya musik yang Anda mainkan dan silahkan mencoba ukuran mana yang pas buat gaya bermain Anda.
ukuran stik
Banyak pilihan produk dan merek bila Anda ke toko musik dan jangan kuwatir untuk menentukan pilihan karena Anda sudah sedikit memahami bagaimana seharusnya memilih stick drum yang baik dan cocok untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar